Sabtu, 16 Juli 2016

BAB I'RAB

Tags

Bab I'rab memperkenalkan nama-nama perubahan keadaan akhir kata dalam sebuah ucapan bahasa Arab

Setelah memahami bahasan pada bab Kalam yang memperkenalkan jenis kata yang dipakai untuk setiap ungkapan secara global, maka bab I'rab adalah bab penunjangnya yang sangat wajib dipahami. Karena setiap kata didalam bahasa Arab, apa bila ada di posisi yang berbeda akan mempengaruhi terjadinya perubahan syakal/bunyi pada akhir kata tersebut.
I'rab menurut bahasa adalah jelas atau penjelasan. Sedangkan menurut istilah ilmu Nahwu I'rob merupakan perubahan keadaan akhir sebuah kata karena perbedaan 'amil yang mempengaruhinya. Perubahan tersebut, bisa perubahan secara lafdiyyah ataupun takdiriyyah.
الإعراب هو تغيير أواخر الكلم لإختلاف العوامل الداخلة عليها لفظا أو تقديرا
'Amil adalah pengaruh suatu kata kepada posisi kata setelahnya. Seperti Fi'il yang mewajibkan kata setelahnya harus bertindak sebagai fa'il dan i'robnya harus rofa' dll.

Perubahan lafdziyyah merupakan perubahan akhir kata yang dapat diketahui dari bunyi dan bentuk tulisannya. Sementara perubahan takdiriyyah merupakan perubahan akhir kata tetapi secara bunyi maupun tulisannya tetap, kata tersebut baru akan di pahami terjadi perubahan di dalamnya dengan melalui i'lal atau menelaah asal usul dari kata tersebut.
 وأقسامه أربعة رفع و نصب و خفض و جزم
BAB I'ROB
Macam-maca I'rab yang masuk kepada isim dan fi'il terdiri atas 4 macam;
  1. Rofa' 
  2. Nasab 
  3. Khofad dan 
  4. Jazm
1. Rofa' menurut bahasa adalah العلو yang berarti 'tinggi'. Sementara menurut istilah adalah ketentuan perubahan keadaan dari akhir sebuah kata yang ditandai dengan dlommah atau yang menjadi pengganti dari dlommah. Tanda pengganti dlommah dalam Rofa' terdiri dari 'wau, alif dan nun.

2. Nasab menurut bahasa adalah الاستواء yang berarti 'lurus'. Sementara menurut istilah ilmu nahwu nasab adalah ketentuan perubahan keadaan akhir sebuah kata di dalam bahasa arab yang ditandai dengan fathah atau yang menjadi pengganti dari fathah. Tanda pengganti dari fathah ini adalah alif, kasrah, ya dan meniadakan huruf nun dari kata berjenis jamak dan mutsanna.
3. Khofad menurut bahasa adalah التسفل yang berarti 'rendah'. Sementara menurut istilah ilmu nahwu, khofad berarti ketentuan perubahan keadaan akhir sebuah kata didalam bahasa Arab yang di beri tanda kasrah atau yang menjadi pengganti dari kasrah. Tanda pengganti kasrah ini terdiri dari ya dan fathah.

4. Jazm menurut bahasa adalah القطع yang berarti 'terputus'. Sementara menurut istilah ilmu nahwu, jazm berarti ketentuan perubahan keadaan akhir sebuah kata didalam bahasa Arab yang di beri tanda sukun atau yang menjadi pengganti dari sukun. Tanda pengganti sukun ini adalah الحذف yang berari meniadakan huruf akhir dari sebuah kata.
فللاسماء من ذالك الرفع والنصب و الخفض ولا جزم فيها و للافعال من ذالك الرفع و النصب و الجزم و لا خفض فيها
Dari ke4 macam i'rab di atas yang berlaku pada kalimah Isim hanya tiga, yaitu rofa', nasab dan khofad. Kemudian yang berlaku pada kalimah fi'il juga ada 3, yaitu rofa', nasab dan jazm.

I'rob yang bisa berlaku pada kalimah isim dan fi'il dinamai sebagai i'rob musytarak dan yang hanya berlaku pada kalimah isim saja atau kalimah fi'il saja dinamai sebagai i'rob mukhtash.

Kesimpulan
  1. I'rab adalah perubahan keadaan akhir sebuah kata didalam bahasa Arab baik perubahan bunyi maupun tulisan. Perubahan keadaan akhir kata ini ada yang bersifat lafdy ada yang bersifat taqdirie
  2. I'rab terdiri dari empat macam yaitu Rofa' Nasab Khofad dan Jazm
  3. I'rab yang berlaku pada kalimah isim adalah rofa', nasab dan khofad
  4. I'rab yang berlaku pada kalimah fi'il adalah rofa', nasab dan Jazm

Artikel Terkait

Belajar bahasa Arab untuk pemula hadir untuk membantu memudahkan semua orang dalam mendapatkan referensi mengenai hal yang berhubungan dengan bahasa Arab terkait tata bahasa dan lain-lain
EmoticonEmoticon